Mengenal Shalat


Assalamu'alaikum Wr. Wb,
Shalat merupakan sarana yang menghubungkan seorang hamba kepada penciptanya sebagai wujud manifestasi penghambaan dan kebutuhan kepada Allah SWT. Nilai akidah seorang hamba tergantung seberapa besar pemahamnnya yang berpengaruh pada amalannya. Semua itu terangkum dalam ibadah shalat.
 
Pada pembahasan Mengenal Shalat 1 &2  dijelaskan bahwa setiap sholat terdapat istilah Raka'at. Dalam setiap Raka'at terdapat 5 posisi sholat.
 
Posisi sholat melambangkan unsur sholat (manusia/ pelakunya). Empat unsur dasar : api, air, angin, tanah (lengkap) dan unsur ke 5 : seimbang (sempurna). Posisi dan unsur shalat ini tidaklah lengkap tanpa memahami tujuan Shalat itu sendiri. 

Apakah salat yang kita laksanakan sebagai hasil pemahaman secara teoritis kemudian dinyatakan dalam ucapan dan gerakan- gerakan anggota tubuh yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam  hanya sebatas rangkaian gerakan tanpa makna? 
 
Apakah kita akan menghabiskan sisa hidup kita dengan melakukan rutinitas ibadah shalat tanpa mengetahui mengapa kita melakukan itu  serta apa tujuannya? Maka tentu samalah halnya secara analogi ketika kita mengirim surat tanpa tau kemana alamat surat yang di tuju?
 
Lantas apa tujuan kita shalat? Harta yang berkelimpahan?,pujian dan sanjungan sebagai ahli ibadah? Atau sebatas melepaskan kewajiban sebagai seorang muslim? 
 
Allah SWT berfirman dalam Al Quran : 
 
اِنَّنِيْٓ اَنَا اللّٰهُ لَآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنَا۠ فَاعْبُدْنِيْۙ وَاَقِمِ الصَّلٰوةَ لِذِكْرِيْ
 
Sungguh, Aku ini Allah, tidak ada Tuhan selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah salat untuk mengingat Aku. (QS.20 Ayat 14).
 
Di dalam Surat yang lain Allah SWT berfirman:

الصَّلٰوةَ كَانَتْ عَلَى الْمُؤْمِنِيْنَ كِتٰبًا مَّوْقُوْتًا

Artinya: "Sungguh, sholat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman." (QS. An Nisa: 103)

Shalat itu terkait erat dengan waktu Dimana kita ada di dalam dimensi waktu itu. Ingatkah kita ada tujuh hari yang kita ulang? Dimana dalam tiap harinya ada 24 jam waktu yang kita lalui, Ada 5 momentum atau kondisi khusus yang membantu manusia untuk mengenal dirinya secara lengkap dan seimbang baik secara jasmani dan ruhani.
Adapun tujuh hari yang kita ulang itu adalah :

Hari 1 - Ahad : Api (Hakikat Nabi Adam AS)
 
Hari 2 - Senin : Air (Hakikat Nabi Ibrahim AS)
 
Hari 3 - Selasa : Angin (Hakikat Nabi Musa AS)
 
Hari 4 - Rabu : Tanah (Hakikat Nabi Isa AS)
 
Hari 5 - Kamis : Menyempurnakan 4 posisi diatas (Hakikat Nabi Muhammad SAW)
 
Hari 6 - Jum'at (berkumpul) : Manusia (bathin ke zohir) - Hari Bertuhan

Hari 7 - Sabtu : Manusia (zohir ke bathin ) - Hari Manusia (istirahat/jalan2)

Untuk mengetahui makna tersirat tentang tujuan shalat wajib bertemu dengan guru/ mursyid.

Demikianlah pembahasan tentang tujuan shalat. Marilah kita kenali tujuan shalat kita melalui waktu- waktu yang telah Allah tetapkan dan kita lalui secara berulang. Dengan memohon pertolongan hanya kepada Allah serta belajar dan mengamalkannya.
 
Berikut penjelasan audionya :
 
#1 :
#2 :
#3 :
 
Alhamdulillahirobbil Alamiin
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Innalillahi Wainnailaihi Rojiuun
Wallahu A’lam Bishawab

Baca diskusinya di Jumat I bulan Februari 2024 pada TAUBI TV

 

No comments:

Powered by Blogger.